Senin, 06 Agustus 2012

Tambahan dana bailout untuk Spanyol



Perdana Menteri Mariano Rajoy isyaratkan Spanyol sedang mempertimbangkan untuk meminta tambahan dana bailout untuk meringankan krisis keuangan. Presiden ECB, Mario Draghi, kemarin utarakan bank sentral siap aktifkan kembali program pembelian obligasi jika ada anggota zona-euro yang meminta dana bailou dan berkomitmen lakukan reformasi.ECB akan umumkan rincian program tersebut dalam beberapa minggu mendatang.
Rajoy menolak katakan bahwa Spanyol berencana untuk meminta bantuan dana bailout EFSF namun Rajoy ingin menunggu lebih banyak informasi atas rencana ECB. "Tergantung situasinya ... sekarang saya belum mengambil keputusan," tutur Rajoy setelah menghadiri pertemuan kabinet. Pernyataan tersebut isyaratkan pemerintah telah merubah sikapnya atas dana bailout tambahan.
Beratnya persyaratan dan ongkos politik yang harus ditanggung negara jika meminta bantuan EFSF telah membuat petinggi Spanyol abaikan kemungkinan perlunya tambahan bailout. Pada konferensi pers kemarin, Rajoy bahkan menolak berkomentar atas kemungkinan perlunya bailout tambahan. "Hari ini, Rajoy sepertinya mulai pertimbangkan untuk meminta tambahan dana bailout," ujar ekonom BNP Paribas, Ricardo Santos kepada Dow Jones.  Di bulan Juni silam, Spanyol telah meminta paket bantuan hingga €100 miliar namun ini sepetinya tidak cukup untuk hentikan kenaikan biaya pinjaman obligasi pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.